Rabu, 18 Mei 2011

i'm a doctor ..

ehemm ehemm.. cek .. cek ..

setelah 2 postingan gw terdahulu yang isinya sedih-sedihan.. (hehe,, sengaja biar blog gw penuh dengan beraneka ragam kisah,, pokoknya kisah apah ajah dah)

kali ini postingan gw beda, yaitu tentang profesi yang kelak bakalan menjadi profesi gw..

mungkin dimata sebagian orang menjadi seorang dokter adalah sesuatu yang membanggakan.. well, not problem, karena memang itulah yang gw rasakan meskipun masih menyandang status mahasiswi kedokteran, tapi setidaknya itulah faktanya buat gw..


setelah beberapa tahun ini menggeluti dunia belajar kedokteran, ternyata gw gak salah pilih.. yupppsss inilah duniaku, inilah jiwaku, inilah profesiku.. profesiku adalah hobiku, kesukaanku dan bahkan jiwaku...
tapi gak semudah itu ternyata, menjadi dokter gak semudah yang dibayangkan, bukan hanya masalah pendidikan yang terlampau lama, tapi ada yang lebih sulit yaitu MORAL..
untuk menjalani seorang dokter, moral adalah hal terpenting yang harus dimiliki.
karena, sebelum menjadi dokter ada hal yang harus kami ucapkan, ada hal yang harus kami sumpahkan dengan mempertaruhkan nama baik kita yaitu "sumpah dokter"... yang itu berarti klo melanggarnya konsekuensinya adalah ahhemmm apa yahh ??? gak tau, tapi yang jelas itu berarti kita melanggar sumpah kita kepada tuhan kita.. (nah loh jadi tau kan apa konsekuensinya...)

di arsip postingan gw lalu, gw pernah posting video sumpah dokter.. jadi keinget waktu pertama kali lihat video itu ketika ospek. dan untuk pertama kalinya mendengar sumpah itu, bulu kuduk rasanya merinding ditambah lagi setelah video selesai di tayangkan, pembicaranya ngomong "klo diantara kalian masih menganggap mau jadi dokter hanya ingin supaya kelak menjadi orang yang kaya, maka baiknya mundur dari sekarang juga"..
well, gak salah klo pembicaranya ngomong kaya gitu..
memang pertama kali yang harus dirubah adalah niatnya..

seiring berjalannya waktu baru nyadar ternyata jadi dokter itu SUSAH..

harus bisa punya rasa empati, harus bisa mengerti kondisi pasien, harus bisa melayani tanpa membedakan, harus bisa murah senyum, harus bisa jadi orang yang ramah, harus pinter menyampaikan sesuatu yang buruk atau diagnosis yang buruk pada pasien, harus bisa menjelaskan keadaan pasien kepada pasien maupun kepada keluarganya, harus bisa menyimpan rahasia pasien, harus bisa menggali riwayat-riwayat penyakit terdahulunya, harus pinter memberikan edukasi ke pasien, harus bisa menghormati teman-teman sejawatnya...


wahhhh pokoknya harus bisa banyak deh...

sadar banget deh klo ternyata jadi dokter itu susah, apalagi pas dapet blok kuliah tentang ETIKA KEDOKTERAN... woooooowwwww..... sampe segitunya ternyata klo menjadi seorang dokter, bahkan kita punya etika dan pasal-pasal tersendiri dalam menjalani profesi kita...

hemmmm... disinilah jiwanya.. gak hanya belajar ilmu fisik ajah, tapi juga harus belajar masalah psikis.. mau itu tentang psikis pasien itu atau psikis kita sendiri yang harus dikontrol...

disini ada banyak yang dipelajari..
belajar tentang bagaimana menjadi seoarang pendengar yang baik, bagaimana menjadi seorang guru yang baik... bahkan klo perlu bagaimana menjadi seorang keluarga yang baik...


and the last...im want to be good moslem doctor...

aku cinta profesiku...

*RDS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar